marquee direction="up" scrollamount="2" align="center"> SELAMAT DATANG DI BLOG MGMP IPA CIBADAK

Komisariat MGMP IPA

Komisariat MGMP IPA
sekolah

Selasa, 15 Februari 2011

PROGRAM KEGIATAN MGMP IPA CIBADAK 2010-2011


BAB I
PENDAHULUAN

a.    Latar Belakang
Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.  Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.
Pembangunan Pendidikan Nasional saat ini menuju tercapainya tujuan pendidikan nasional yang diharapkan sesuia dengan UU RI  No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  , yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Rendahnya mutu Pendidikan Nasional telah berpengaruh langsung terhadap rendahnya Sumber Daya Manusia. Untuk menjawab tantangan tersebut MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) harus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dalam membentuk kader-kader bangsa yang profesional berkualitas dan mandiri.
 MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran ) adalah forum/wadah kegiatan profesional guru mata pelajaran pada SMP/MTs, SMPLB/MTsLB, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB/MALB yang berada pada satu wilayah/ kabupaten/kota/kecamatan/ sanggar/ gugus sekolah. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah Kegiatan guru – guru selaku pemegang amanah pendidikan untuk mewujudkan pengembangan aspek intelektual, watak, moral, sosial dan fisik peserta didik atau dengan kata lain menciptakan peserta didik menjadi manusia seutuhnya. Melalui Kegiatan MGMP diharapkan persepsi profesionalisme tersebut didapat oleh setiap guru dan mencoba mengimplentasikannya dalam proses kegiatan mengajar .
         Kedudukan guru sebagai tenaga profesional  berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran dan diharapkan secara langsung dapat meningkatkan mutu pendidikan nasional.
Menurut UU No. 14 tahun 2005 pasal 7 : Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a.    memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme;
b.    memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia;
c.    memiliki kualifikasi pendidikan dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas;
d.    memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;
e.    memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan;
f.     memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja;
g.    memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat;
h.    memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalan; dan
i.      memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan keprofesian bagi guru dan memiliki organisasi profesi keilmuan bagi dosen
          Pemberdayaan profesi guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara  demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, kemajemukan bangsa, dan kode etik profesi.
Pendidikan di Kabupaten Sukabumi sendiri masih belum memperlihatkan hasil yang maksimal dikarenakan berbagai masalah, misalnya Sumber Daya Manusia yang belum tergali secara maksimal, Diantaranya karena masih kurangnya kerjasama antara masyarakat, orangtua murid dengan sekolah, masih kurangnya partisipasi orangtua tehadap kemajuan pendidikan, Guru mata pelajaran yang tidak sesuai dengan spesifikasinya dan Sarana prasarana pendidikan yang masih kurang.
Sedangkan permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh MGMP IPA dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal diantaranya:
1.       Di lingkungan gugus kami masih ada guru IPA dengan latar belakang pendidikan bukan dari Sarjana Pendikan IPA ( Fisika / Biologi )
2.        Masih ada guru IPA yang mengajar dengan menggunakan metode Pembelajaran Tradisional (ceramah)
3.        Di beberapa sekolah masih belum tersedianya sarana prasarana  praktikum yang mendukung Kegiatan Belajar Mengajar IPA
4.       Belum dapat menghasilkan siswa-siswi yang berprestasi di tingkat olimpiade sains
Untuk memecahkan permasalahan di atas, maka guru memegang peran yang sangat penting dalam peningkatan hasil Belajar Mengajar yang maksimal. Mutu pendidikan peserta didik sangat dipengaruhi oleh mutu input dan mutu Proses Belajar Mengajar. Mutu proses belajar mengajar salah satunya sangat ditentukan oleh mutu dan kinerja guru – guru. Secara umum mutu dan kinerja guru kita masih belum memadai baik secara kuantitas maupun kualitas, karena masih banyak guru yang belum memenuhi standar kompetensi guru. Akibatnya proses belajar mengajar yang dilakukan di kelas cenderung belum efektif dan efisien.
Salah satu upaya dari MGMP IPA gugus Cibadak Kab. Sukabumi adalah dengan mengaktifkan MGMP  di gugus Cibadak, mengadakan pertemuan - pertemuan bagi guru-guru IPA di gugus Cibadak Kabupaten Sukabumi, dengan kegiatan :
1.       Membahas model – model Pembelajaran yang bervariasi dan PAIKEM (Pembelajaran secara Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)
2.        Pembuatan alat – alat peraga yang sederhana
3.        Membahas berbagai permasalahan yang timbul selama Kegiatan Belajar    Mengajar ( Sharing )
4.        Revisi silabus dan RPP
5.       Melakukan Penelitian : Lesson Study,  PTK
         Sehingga dengan kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan profesionalisme bagi guru – guru IPA di gugus Cibadak.
Sumber dana yang diperoleh untuk membiayai pertemuan – pertemuan MGMP sebelumnya, didapatkan dari partisipasi tiap sekolah di gugus Cibadak  Dan Dana Bantuan Langsung  BERMUTU tahap -1.
Program peningkatan mutu pendidikan yang telah dilaksanakan diantaranya:
1.       Bedah soal – soal Ujian Nasional
2.       Peer Teaching
3.       Lesson Study
4.       Penelitian Tindakan Kelas
5.       Pembuatan alat peraga dari bahan sederhana
 
b. Tujuan
Tujuan dari program ini adalah peningkatan mutu bagi guru, dengan :
1.    Peningkatan profesionalisme guru melalui optimalisasi peran dan aktivitas MGMP
2.    Peningkatan profesionalisme guru melalui penguasan model – model mengajar yang terbaru dan sesuai dengan kebutuhan materi di lapangan dengan menerapkan model Lesson Study
3.    Peningkatan profesionalisme guru melalui keterampilan menulis dalam sebuah karya ilmiah yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
4.    Peningkatan profesionalisme guru melalui keterampilan ICT.

c. Hasil yang Diharapkan
Hasil yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah :
1       Meningkatkan kinerja dan peran guru dalam MGMP, sehingga kegiatan dalam MGMP dianggap sebagai suatu kebutuhan.
2       Dikuasainya berbagai alternatif praktek mengajar (teaching practice) yang tepat untuk pembelajaran yang dihadapi. 
3       Dikuasainya keterampilan membuat karya tulis ilmiah dalam bentuk PTK
4       Mahir dalam menggunakan ICT pada pembelajaran.

d. Sasaran
Sasaran dari kegiatan ini adalah mencakup guru – guru IPA  di Gugus  Cibadak yang berjumlah 20 orang, yaitu :
No
Nama Peserta
Tempat bertugas
Ket
1
Fadli Mansur, SPd
SMPN 3 Cibadak

2
Yani Suryani, SPd
SMPN 3 Cibadak

3
Sudarno, SPd
SMPN 2 Nagrak

4
Rahmat Soleh
SMPN 2 Nagrak

5
Atik Tri Rastika N, SPd
SMPN 2 Cibadak

6
Tati ajeng Saidah, SPd
SMPN 2 Cibadak

7
Ida Handayani, SPd
SMPN 1 Nagrak

8
Drs. Mamat Rosidin, MPd
SMPN 1 Nagrak

9
Uhin Elwinarya
SMPN 1 Nagrak

10
Titin Supartini, SPd
SMPN 1 Cikidang

11
Dedeh Jubaedah
SMPN 1 Cikidang

12
Eko Purtjahjanto,SPd
SMPN 1 Cicantayan

13
Yulianti, SPd
SMPN 1 Cibadak

14
Rita Nuryanti, SPd
SMPN 1 Cibadak

15
Iyan Sopian, SPd
SMP Taman Siswa

16
Hella Nurtoyyibah, SPd
SMPN 1 Caringin

17
Ade Risman Suryana, SPd
SMPN 1 Caringin

18
Ade Imam Santosa
SMP Taman Siswa

19
Aries Budi S, Sag
SMP PGRI Nagrak

20
Antin Muzawafah, SPd
SMPN 3 Cibadak



e.  Manfaat

Keseluruhan program ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai berikut :
1.             Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kompetensi guru, sehingga menjadi guru yang lebih berkualitas.
2.             Meningkatkan kualitas manajemen kelas melalui kegiatan penguasaan berbagai alternatif prektek mengajar (teaching practice) yang tepat, pemilihan strategi  dan model pembelajaran yang tepat berdasarkan analisis kurikulum dan analisis masalah dalam pembelajaran.
3.             Meningkatkan kualitas manajemen sekolah melalui kegiatan guru dalam menganalisis kurikulum sesuai bidang dan tugas yang diampunya,
4.             Siswa lebih aktif dalam menerima pelajaran dengan metode PAIKEM
5.             Dapat mencetak siswa yang berprestasi di tingkat Olimpiade sains
6.             Mencetak Guru  Profesional sehingga dapat meningkatkan kualitas kelompok kerja MGMP gugus Cibadak


BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM DALAM 1 TAHUN TERAKHIR

a.    Identifikasi Masalah

MGMP IPA gugus Cibadak diselenggarakan di sekolah Inti yaitu di SMP Negeri  1 Nagrak dan diselenggarakan sepenuhnya oleh kelompok kerja. Yaitu dari anggota oleh anggota dan untuk anggota. Dimana Nara sumbernya di ambil dari Pengawas, Guru inti dan beberapa anggota yang sudah mengikuti DIKLAT di tingkat Kabupaten atau tingkat Propinsi.
Pelaksanaan kegiatan MGMP IPA gugus Cibadak telah sesuai dengan tujuan pencapaian kegiatan, yaitu adanya perubahan cara mengajar bagi sebagian guru IPA yang ada di wilayah gugus Cibadak tetapi perubahan ini belum dirasakan menyeluruh. Terbukti hasil belajar NEM IPA di wilayah gugus Cibadak belum mencapai angka yang maksimal.
Melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Gugus Cibadak, diharapkan kemampuan Proses Belajar Mengajar di kelas cukup berhasil. Adapun yang melatar belakangi keberhasilan tersebut adalah:
1.    Kegiatan MGMP IPA Gugus Cibadak terlaksana secara berkala sebulan 2 kali
2.    Dengan adanya narasumber dari Dinas Pendidikan  Kabupaten , Pengawas  dan Guru Inti
3.    Kelompok kerja MGMP IPA cukup antusias dalam setiap kegiatan

b.    Sistem dokumentasi kegiatan/pelaporan
Sistem pelaporan kegiatan dilaksanakan oleh pengurus MGMP gugus Cibadak, yang meliputi data laporan kegiatan, laporan keuangan, dan daftar hadir.
Laporan Kegiatan:
a.    Dokumentasi Kegiatan
Beberapa kegiatan MGMP IPA di tingkat Gugus Cibadak  yang sempat didokumentasikan antara lain :
              i.        10112008359Pembukaan
 10112008358                                                                      
                







             ii.        Pemberian Materi dari Pengawas
1011200836010112008362


            iii.        Praktek
mgmp2








           iv.        Pembuatan Kisi-kisi Soal Try Out untuk tingkat Gugus Cibadak
10112008362


Laporan Keuangan
Dana kegiatan MGMP IPA Gugus Cibadak yang digunakan selama satu tahun diperoleh dari Dana Bantuan Langsung BERMUTU sudah dilaporkan ke Dinas Propinsi Jawa Barat.

Daftar Hadir ( terlampir )
Daftar hadir peserta MGMP IPA Gugus Cibadak dibuat setiap kali melaksanakan kegiatan atau pertemuan. Format daftar hadir terdiri atas Nama, Asal Sekolah, dan Tanda Tangan.

c.    Kualitas Program
MGMP IPA  Gugus Cibadak Kab. Sukabumi dilaksanakan pada tahun 2009-2010 selama 1 bulan 2 x pada minggu pertama dan minggu ke-3  setiap hari selasa.  Selama satu tahun kegiatan yang sudah dilaksanakan diantaranya:
1.    Pear Teaching
2.    Pembuatan alat – alat peraga dari bahan yang ada disekitar sekolah (poto-poto terlampir)
3.    Pengayaan materi, berkaitan dengan mata pelajaran IPA harus disampaikan oleh satu orang guru, maka diperlukan sharing materi antara guru dengan kualifikasi Fisika dengan Biologi
4.    Pendalaman Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan (KTSP)
5.    Pelaksanaan Lesson Study dan PTK
6.    Pemecahan permalahan yang timbul di sekolah – sekolah masing – masing

d.    Frekuensi Kegiatan Per Tahun
Kegiatan MGMP dilaksanakan rata-rata satu bulan 2 kali pada hari selasa yaitu hari kosong sesuai kesepakatan bersama dengan maksud agar guru-guru IPA tidak meninggalkan kewajiban mengajar dan tetap bisa mengikuti kegiatan MGMP, karena tidak ada jadwal mengajar guru IPA pada hari tersebut

Tabel Frekuensi Kegiatan MGMP IPA Periode 2009-2010 :
No
Bulan Kegiatan
Frekuensi
1
September 2009
2
2
Oktober 2009
2
3
November 2009
2
4
Desember 2009
1
5
Januari 2010
1
6
Februari 2010
2
7
Maret 2010
2
8
April 2010
2
9
Mei 2010
2

Jumlah
16


e.    Keterlibatan peserta kelompok kerja
Setiap kegiatan di MGMP IPA Gugus Cibadak dihadiri sekitar  16 – 20 0rang peserta  dari 30 jumlah guru IPA di tingkat Gugus Cibadak. Jadi dalam setiap kegiatan  melibatkan  rata-rata 92.5 % dari seluruh anggota MGMP IPA di tingkat Gugus Cibadak.

f.     Gambaran alasan pelaksanaan MGMP IPA gugus Cibadak
MGMP IPA dilaksanakan berdasarkan kebutuhan dari guru – guru IPA di wilayah gugus Cibadak akan perlunya meningkatkan profesionalisme seorang guru untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Jika seorang guru sudah bisa profesional dalam mengajarnya maka tentunya akan mudah dipahami oleh siswa dan jika siswa sudah memahaminya akan menjadikan hasil belajarnyapun maksimal.
Peningkatan profesionalisme guru secara berkelanjutan melalui pelatihan, penelitian, penulisan karya ilmiah, dan kegiatan profesianal lainnya dimungkinkan dapat dilakukan di MGMP.

g.    Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan MGMP IPA gugus Cibadak di laksanakan di sekolah Inti, yaitu:
Sekolah           :  SMP Negeri 1 Nagrak
Alamat             :  Jalan Raya Nagrak-Cibadak
                            Kabupaten Sukabumi
Telp                 :  0266 537272



BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

a.
Data MGMP


1.
Nama MGMP
:
MGMP IPA Cibadak
2.
Nama Sekolah Inti
:
SMPN 1 Nagrak
3.
NSS
:
201020613041
4.
Nama Kepala Sekolah
:
Drs. Yadi Supriadi, M.Pd
5.
Alamat Sekolah
:
Jalan Raya Nagrak Cibadak

Nomor Telepon
:
0266 537272

HP Ketua MGMP
:
085721580085/ 081911888122

Nomor Fax
:
-

Email
:
-

Desa/ Kelurahan
:
Cisarua

Kecamatan
:
Nagrak

Kabupaten/ Kota
:
Sukabumi

Propinsi
:
Jawa Barat




b.
VISI DAN MISI



VISI:



“ Dengan berlandaskan ketaqwaan, serta dengan usaha bersama MGMP IPA Gugus Cibadak bertekad meningkatkan dan mengembangkan profesionalisme guru IPA, demi terbangunnya masyarakat modern yang berlandasakan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berdasarkan Pancasila dan    Undang – Undang Dasar 1945 untuk menjadi MGMP IPA Gugus Cibadak yang unggul dalam profesionalisme pada tahun 2010 “.


MISI:

1.  Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mengembangkan budaya islami di lingkungan MGMP IPA Gugus Cibadak.
2.    Melaksanakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
3.    Melaksanakan kegiatan Karya Tulis Ilmiah
4.    Mampu menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia secara optimal.


c.  STRUKTUR ORGANISASI MGMP IPA GUGUS CIBADAK

 


d.    Strategi dan Metoda Rencana Pelaksanaan Program

Agar kegiatan dapat berjalan secara terintegrasi dan mencapai sasaran yang diinginkan maka pelaksanaan program ini dimulai dari kelompok kerja/musyawarah kerja yang paling bawah yaitu sekolah, kemudian dikembangkan di MGMP IPA tingkat Gugus Cibadak. Pelaksanaan program MGMP IPA Gugus Cibadak  juga meminta partisipasi dan bantuan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi serta Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat sesuai kapasitasnya.
Untuk meningkatkan kinerja guru khususnya dalam keterampilan menyusun Karya Tulis Ilmiah berupa PTK dan penguasaan model – model  pembelajaran maka MGMP Gugus Cibadak akan mendatangkan narasumber dari berbagai komponen sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
Bentuk – bentuk kegiatannya , antara lain:
1.    Pendekatan dalam Model Belajar BERMUTU
2.    Proses belajar terstruktur dan mandiri di KKG/MGMP selama 16 minggu, dengan bimbingan guru pemandu dan dosen LPTK (2x)
3.    Dirancang untuk menggunakan semua paket pembelajaran yang sudah ada dan sudah dikembangkan oleh Pemerintah maupun Lembaga Donor (Lesson Study, CLCC, DBE2, NTTPEP, MBE, UT, HYLITE, dll.) secara terintegrasi untuk meningkatkan kompetensi guru.
4.    Dirancang untuk menggunakan tiga pendekatan secara terkombinasi: lesson study, penelitian tindakan kelas, dan case study.
5.    Diwadahi oleh website sebagai tempat repositori materi berbentuk digital dan forum diskusi virtual antar guru, dan dengan tutor/guru pamong.

e.    Materi Kegiatan
Setelah mengadaan pendataan kepada guru – guru yang ada di wilayah gugus Cibadak tentang kebutuhan materi guru – guru yang sangat mendesak, penting dan dibutuhkan untuk meningkatkan profesional guru diantaranya sebagai berikut:
1.  Lesson Study
Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community.
Tiga tahapan lesson study :
a. Perencanaan (plan)
b. Pelaksanaan dan  Observasi (do)
c. Refleksi (see)
2.  Mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Belakangan ini Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) semakin menjadi trend untuk dilakukan oleh para profesional sebagai upaya pemecahan masalah dan peningkatan mutu di berbagai bidang. Awalnya, PTK ditujukan untuk mencari solusi terhadap masalah sosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang di masyarakat pada saat itu. PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap masalah tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yang telah disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan evaluasi yang dipakai sebagai masukan untuk melakukan refleksi atas apa yang terjadi pada tahap pelaksanaan. Hasil dari proses refleksi ini kemudian melandasi  upaya perbaikan dan peryempurnaan rencana tindakan berikutnya. Tahapan-tahapan di atas dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan sampai suatu kualitas keberhasilan tertentu dapat tercapai.
3.  Case Study
Pendekatan case study yang dimaksud dalam program ini adalah pemanfaatan salah satu teknik dalam case study, yakni guru atau observer harus dapat menuangkan segala temuannya yang berkaitan dengan aktivitas pembelajaran kedalam uraian naratif. Dengan cara ini maka akan dapat diungkapkan berbagai permasalahan dan kelebihan dari suatu kasus pembelajaran. Di sisi lain cara ini akan dapat mengatasi kesulitan umum yang dialami sebagian besar guru selama ini, yakni menuangkan gagasannya dalam tulisan berbentuk narasi ilmiah.
4.  ICT
Pada ICT disini, peserta di fokuskan mengoperasikan komputer untuk:
1.    Mengaplikasi mikrosoft office  word sebagai media dalam penulisan PTK
2.    Menggunakan program browser untuk menjelajah Internet
3.    mencari informasi menggunakan mesin pencari “Google”

f.     Narasumber/ Instruktur/ Guru Inti
Sebagai narasumber pada kegiatan BERMUTU diambil dari Dosen Perguruan Tinggi, Widyaswara dari LPMP, dan Tim DCT Kabupaten Sukabumi (Pengawas, Guru Bina), diantaranya:
1.    Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)     :   Dr. Suhara
2.    LPMP                                                                      :  Drs. Syamsudin. MS
3.    P4TK                                                                       :  Drs. Kandi MA
4.    Unsur Dinas                                                            :   Ka Dinas / Ka Bid
5.    Tim Pengembang Supervisi Nasional                    :   Drs. Asep Heryana, MM
6.    Pengawas                                                               :   Ayi Hermawan, S.Pd
                                                                                          Jurianto, S.Pd
7.    Guru pemandu                                                        :   Dedi Kusmardana,S.Pd

g.    Waktu/Jadwal Pelaksanaan

No
Tanggal
Kegiatan
Pemberi Materi

09 – 08 – 2010
Inservis
KaBid. Dik Das Kab
PCT/ DCT
1
21– 09 – 2010
PTK 1
PCT/ DCT
2
28 – 09 – 2010
Pendalaman Materi OSN 1
Guru Pemandu
3
05 – 10 – 2010
PTK 2
Guru Pemandu
4
19  10 – 2010
Peningkatan Motivasi Mengajar Guru (Pumping Teacher)
PCT/ DCT
5
02  11 – 2010
PTK 3
PCT/ DCT
6
1611 – 2010
Pendalaman ICT
Guru Pemandu
7
3011 – 2010
PTK 4
Guru Pemandu, Kepsek dan Pengawas
8
0712 – 2010
Observasi/Study visit ke Sekolah
Guru Pemandu
9
1412 – 2010
Pengembangan Model Pembelajaran
Guru Pemandu
10
04 – 01 – 2011
Pengenalan dan Pendalaman penggunaan alat dan media pembelajaran serta pembuatan media pembelajaran sederhana
Guru Pemandu
11
11 – 01 – 2011
PTK 5
PCT/ DCT
12
25 – 01 – 2011
Penyusunan Bahan Ajar
Guru Pemandu
13
0802 – 2011
PTK 6
PCT/ DCT
14
22 – 02 – 2011
Pengembangan Model Pembelajaran
Guru Pemandu
15
08 – 03 – 2011
Penyusunan Laporan PTK
Guru Pemandu
16
22 – 03 – 2011
Penyusunan Laporan
Guru Pemandu


Pertemuan Forum



h.    Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di sekolah inti, yaitu
Sekolah           :  SMP Negeri 1 Nagrak
Alamat             :  Jalan Raya Nagrak Cibadak
Telepon           :  0266 537272
i.      Rencana Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Program
Persiapan program dimulai pada akhir bulan Juni 2010 dengan penyusunan proposal pengajuan. Sedangkan program diharapkan dapat mulai dilaksanakan pada bulan Agustus 2010 sampai dengan bulan Mei 2011. Pada bulan Juni 2011 direncanakan seluruh rangkaian kegiatan selesai dilaksanakan sehingga dapat disusun laporan pelaksanaan Program BERMUTU.
Pada kegiatan Bermutu ini akan dipantau langsung dari tim DCT Kabupaten, yang akan lansung memberikan suverpisi klinis pada setiap laporan yang dibuat oleh pengurus MGMP IPA Gugus Cibadak. Setiap seleai kegiatan pengurus melakukan evaluasi kegiatan untuk membahas kegiatan pada hari itu dan meningkatkan persiapan pada kegiatan di hari kemudian.

j.      Rencana Pelaporan
Laporan Program BERMUTU direncanakan adalah Laporan Triwulan, yaitu tiga bulan satu kali. Jadi setiap tiga bulan pengurus MGMP IPA Gugus Cibadak membuat Laporan kegiatan yang sudah dilakukan dan keuangan yang sudah dikeluarkan. Laporan tersebut di konsultasikan kepada supervisor tingkat kabupaten


BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM
KEGIATAN MGMP IPA GUGUS CIBADAK KABUPATEN SUKABUMI


  1. Strategi, metode,  Materi kegiatan,  Narasumber/instruktur dan Waktu/jadwal  rencana pelaksanaan program

Pertemuan
Kegiatan / Materi
Metode
Bahan Belajar Mandiri
Jadwal Kegiatan/
Waktu
Tagihan
Bahan dan Alat
Biaya
NARASUMBER/ PENYAJI (PCT/DCT/ Guru pemandu/LPTK /Pengawas
Kegiatan Penyaji
Kegiatan Peserta
A

IN SERVICE




Minggu ke 2 (3-8-2010)





·         Konsolidasi Kegiatan
·         Pengembangan Perangakat Pembelajaran
Menyampaikan kebijakan Disdik
Menyampaikan Program Bermutu
Menyampaikan KTSP
Peserta Menyimak semua paparan yang disampaikan oleh penyaji
Buku Sumber
2JP
Peserta membuat resume
-       Lap Top
-       LCD

Guru Pemandu
-       Model Pembelajaran
-       Bedah BBM Suplemen



·   Penyaji menyampaikan model-model pembelajaran
·   Penyaji menyampaikan media pembelajaran
·         Peserta mempraktekan model-model pemb
·         Peserta Memahami penggunaan media pembelajaran
Buku Sumber
2 JP
Peserta membuat resume
Lap Top
LCD
Kertas Plano
Spidol


Guru Pemandu
·   Kebijakan Didsdik
·   Penyusunan Silabus
·   Penyusunan RPP


penyaji menyampaikan cara penyusunan Silabus dan RPP
Peserta menyimak cara penyusunan silabus dan RPP
Peserta mempraktekannya


Buku Sumber
4 JP
Silabus dan RPP yang sudah direvisi
Lap Top
LCD
Kertas Plano
Spidol


Guru Pemandu
Dinas Pengawas


























B
PERTEMUAN RUTIN








I
Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru








1
PTK  1.
Identifikasi Masalah
Kegiatan 1:10 menit
o    Melakukan interview tentang apa yang akan dipelajarari dalam pertemuan ini dan apa yang diharapkan dari kegiatan belajar
o    Kegiatan 2: 50 menit
o    Permasalahan dalam melaksanakan pembelajaran  tematik
Kegiatan 3:90 menit
o    Diskusi dan pengkajian case study untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis faktor penyebab masalah, dan nerumuskan masalah
Kegiatan 4: 35 menit
o  Klafisikasi masalah ke dalam aspek pengembangan kurikulum, penguasaan subyek, dan pelaksanaan pembelajaran
o  Kegiatan 5: 15 menit
o  Merangkum hasil belajar mengidentifikasi masalah dan pemberian tugas terstruktur dan tugas mandiri
PENJELASAN TUGAS
Terstruktur
1)  Melaksanakan pembelajaran dan diamati oleh rekan sejawat
2)  Menyusun studi kasus
3)  Menentukan masalah dan kalimat rumusan masalah yang akan dicari solusinya
Mandiri
1.   Mempelajari buku sumber  yang terkait dengan topik yang sudah dipelajari (Identifikasi Masalah) dan yang akan didiskusikan pada pertemuan selanjutnya (perencanaan tindakan)
Guru Peserta dengan difasilitasi Guru Pemandu:
1)     melaksanakan curah pendapat (brainstorming) mengenai masalah-masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran,
2)     berlatih mengidentifikasi masalah dari studi kasus (Case Study). Dilanjutkan dengan menganalisis faktor penyebab timbulnya masalah dan merumuskan masalah,
3)     berlatih merumuskan masalah berdasarkan masalah yang dipilih oleh masing-masing guru peserta belajar di KKG/MGMP, dan
4)     berlatih mengklasifikasi masalah ke dalam aspek pengembangan kurikulum, materi subjek, dan praktik pembelajaran.

1)     Peserta melaksanakan curah pendapat (brainstorming) mengenai masalah-masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran,
2)     Peserta berlatih mengidentifikasi masalah dari studi kasus (Case Study). Dilanjutkan dengan menganalisis faktor penyebab timbulnya masalah dan merumuskan masalah,
3)     Peserta berlatih merumuskan masalah berdasarkan masalah yang dipilih oleh masing-masing guru peserta belajar di KKG/MGMP, dan
4)     Peserta berlatih mengklasifikasi masalah ke dalam aspek pengembangan kurikulum, materi subjek, dan praktik pembelajaran.


BBM 09
TOPIK
BIDANG STUDY 1.
Identifikasi Masalah

Minggu ke 4 (21-9-2010)

4 jam TM
(4 x 50 m)
4 jam TT
 (4 x 60 m);
4 jam TMd
(4 x 60 m
Case Study
Kertas4. HVS
Kertas Folio
Majalah
Artikel

Narasumber / PCT
2
Pendalaman Materi OSN

Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
Guru Peserta dengan difasilitasi Guru Pemandu:
1)     Berdiskusi tentang materi OSN
2)     Berlatih menyusun soal-soal OSN

Buku Paket IPA, Bank Soal OSN
Minggu ke 5 (28-9-2010)

Soal dan Kunci Jawaban
Buku sumber dan referensi Kertas HVS
Kertas Polio
Balpoint


3
PTK  2.
Perencanaan Tindakan dan Penetapan Instrumen
Kegiatan 1:10 menit
o     Overviev tentang apa yang akan dipelajari dalam pertemuan ini diharapkan dari kegiatan belajar
Kegiatan 2: 45 menit
o     Mengkaji tugas mendiri topik identifikasi masalahKegiatan 3 : 30 menit
o      Berdiskusi menentukan rencana tindakan perbaikan pembelajaran
Kegiatan 4: 55 menit
o     Menggali sumber belajar untuk menentukan tindakan perbaiakn pembelajaran
Kegiatan 5: 45 menit
o         Diskusi dan menyususn RPP berdasarkan rencana tindakan
o         Kegiatan 6: 30 menit
o         Diskusi menetapkan intrumen pengumpulan data
Kegiatan 7 :10 menit;
o    Merangkum dan memberi penguatan , tugas terstruktur dan mandiri
o    PENJELASAN TUGAS
o    Terstruktur
1.     Melanjutkan penulisan rencana tindakan dan menyusun instrumen untuk pengambilan data
2.     Melanjutkan penulisan rencana tindakan dan menyusun instrumen untuk pengambilan data
Mandiri
1.     Mempelajari buku sumber  yang terkait dengan topik (Perencanaan Tindakan) atau dirujuk dalam Panduan
Guru Peserta dengan difasilitasi Guru Pemandu:
1)     berdiskusi tentang rumusan masalah dari masing-masing guru (dalam kelompok kecil/ berpasangan),
2)     berlatih menyusun rencana tindakan dan instrumennya (secara pleno, satu masalah terpilih), dan
3)     berlatih menyusun rencana tindakan dan instrumen (berdasarkan rumusan masalah dari masing-masing guru peserta).

Guru Peserta dengan difasilitasi Guru Pemandu:
1)     berdiskusi tentang rumusan masalah dari masing-masing guru (dalam kelompok kecil/ berpasangan),
2)     berlatih menyusun rencana tindakan dan instrumennya (secara pleno, satu masalah terpilih), dan
3)     berlatih menyusun rencana tindakan dan instrumen (berdasarkan rumusan masalah dari masing-masing guru peserta).

BBM 10
TOPIK
Perencanaan Tindakan dan Penetapan Instrumen


Minggu ke 2 (5-10-2010)

4 jam TM
(4 x 50 m)
4 jam TT
 (4 x 60 m);
4 jam TMd
(4 x 60 m
Rencana tindakan dan instrumen penelitian
Kertas HVS
Kertas Folio
Majalah
Artikel


4
Peningkatan Motivasi Mengajar Guru (Pumping Teacher)
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
1)     Peserta menyimak dan melakukan brain storming tentang permasalahan mengajar
2)     Peserta melakukan simulasi tentang pemecahan masalah mengajar
Buku-buku referensi
Minggu ke 4 (19-10-2010)
Masalah pembelajaran dan solusi penyelesaiannya
Buku referensi Kertas HVS
Kertas Folio



5
PTK 3.
Penyusunan Proposal
Kegiatan 1: 10 menit
o    Memberi penjelasan tentang topik yang akan dibahas , kompetensi, indikator pencapaian kompetensi kegiatan belajar
Kegiatan 2: 30 menit
o    Braim Storming konsep, tujuan dan fungsi peroposal penelitian
o    Kegiatan 3; 20 menit
o    Diskusi sistemaatika proposal penelitian ttindakan kelas
Kegiatan 4: 30 menit
o    Diskusi tentang komponen proposal penelitian tindakan kelas
o    Kegiatan 5: 100 menit
o    Latihan menyususn proposal penelitian tindakan kelas
Kegiatan 6: 10 menit
o      Merangkum hasil belajar pemberian penguatan , tugas terstruktur dan mandiri
PENJELASAN TUGAS
Terstruktur
1.     Melanjutkan penulisan Proposal PTK berdasarkan masalah yang dipilih oleh masing-masing guru peserta
Mandiri
1)  Mempelajari buku sumber  yang terkait dengan topik (Penyusunan Proposal)
Menyiapkan pelaksanaan open class (tugas khusus untuk calon

Guru Peserta dengan difasilitasi Guru Pemandu:
1)     Mendiskusikan tentang rencana tindakan dari masing-masing guru peserta(dalam kelompok kecil/berpasangan)
2)     Berlatih menyusun proposal (secara pleno, dari satu masalah terpilih, dan menetapkan calon guru model)
3)     Setiap peserta berlatih menyusun proposal (berdasarkan rumusan masalah masing-masing)

1)     Peserta Mendiskusikan tentang rencana tindakan dari masing-masing guru peserta(dalam kelompok kecil/berpasangan)
2)     Peserta Berlatih menyusun proposal (secara pleno, dari satu masalah terpilih, dan menetapkan calon guru model)
3)     Setiap peserta berlatih menyusun proposal (berdasarkan rumusan masalah masing-masing)

BBM 11
TOPIK
BIDANG STUDY 3.
Penyusunan Proposal


Minggu ke 1 (2-11-2010)

4 jam TM
(4 x 50 m)
4 jam TT
 (4 x 60 m);
4 jam TMd
(4 x 60 m
Proposal PTK
Kertas HVS
Kertas Folio
Majalah
Artikel

Narasumber / PCT
6
Panduan Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran
Memberikan panduan cara belajar TIK
1)     berlatih menulis naskah sederhana dengan Microsoft Word, dan berlatih menulis naskah dengan daftar dan tabel
2)    berlatih menggunakan program browser untuk menjelajah Internet, dan berlatih mencari informasi menggunakan mesin pencari “Google
Buku Sumber
Minggu ke 3 (16-11-2010)

4 Jam TM
(4x50 m)
4 Jam TT
(4x60 m)
4 Jam TMd
(4x60 m)
1.     Naskah hasil ketikan MW dan Tabel
2.     Email
Komputer
Jaringan Internet



7
PTK  4.
Pelaksanaan Tindakan
Kegiatan 1:10 menit
o    Menjelaskan topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator, pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan
Kegiatan 2: 25 Menit
o  Menyiapkan kelas yang akan dipakai
o  Menjelaskan tentang skenario pembelajarn yang akan di open class-kan
o  Mempersiapkan penggunaan instrumen untuk pengumpulan data
Kegiatan 3:90 menit
o  Melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai dengan  rencana tindakan untuk perbaikan pembelajaran
o  Melakkukan  menggunakan intrumen yang telah ditentukan
Kegiatan 4: 60 menit
o  Pengecekan data berdasarkan hasil observasi dan diskusi refleksi
o  Melakukan diskusi berdasarkan hasil observasi untuk melengkapi dan memverifikasi data
o  Merangkum data  untuk melengkapi data hasil observasi
Kegiatan 5: 10 menit
o  Setiap peserta menulislan hasil refleksi diri pemahaman guru tentang tindakan observasi dalam buku kerja
PENJELASAN TUGAS
Terstruktur
1.     menitpembelajaran
2.     Melaksanakan
1)  Melaksanakan pelaksanaan tindakan di sekolah masing-masing (disarankan berpasangan dengan peserta lain  agar dapat saling mengobservasi, atau meminta observer dari teman guru di sekolahnya.
2)  Menyusun Case Study
4)  Mengumpulkan data (kompilasi)
5)  (Pelaksanaan Tindakan)  atau yang dirujuk dalam Panduan.
Menpelajari contoh rencana tindakan dari laporan-laporan PTK
Guru Peserta dengan difasilitasi Guru Pemandu:
1)      mempersiapkan pelaksanaan open class di di sekolah tempat kegiatan. Kegiatan persiapan meliputi klarifikasi kesiapan kelas dan penjelasan skenario pembelajaran serta penggunaan instrumen oleh Guru Pemandu dan Guru Model,
2)      melaksanakan tindakan (open class) oleh guru model, Guru peserta yang lain mengobservasi,
3)      melakukan diskusi refleksi berdasarkan hasil observasi (secara pleno, dipimpin Pemandu), dan
4)      berdiskusi atau membahas draf proposal dari masing-masing guru peserta (dalam kelompok kecil /berpasangan).

1)     Peserta mempersiapkan pelaksanaan open class di di sekolah tempat kegiatan. Kegiatan persiapan meliputi klarifikasi kesiapan kelas dan penjelasan skenario pembelajaran serta penggunaan instrumen oleh Guru Pemandu dan Guru Model,
2)     Peserta melaksanakan tindakan (open class) oleh guru model, Guru peserta yang lain mengobservasi,
3)     Peserta melakukan diskusi refleksi berdasarkan hasil observasi (secara pleno, dipimpin Pemandu), dan
4)     Peserta berdiskusi atau membahas draf proposal dari masing-masing guru peserta (dalam kelompok kecil /berpasangan).

BBM 12
TOPIK
BIDANG STUDY 4.
Pelaksanaan Tindakan


Minggu ke 5 (30-11-2010)

4 jam TM
(4 x 50 m)
4 jam TT
 (4 x 60 m);
4 jam TMd
(4 x 60 m
Hasil Pengamatan
Kertas HVS
Kertas Folio
Majalah
Artikel


II
Observasi Sekolah Angggota MGMP IPA








8
Pelaksanaan dan Observasi

Kegiatan 1 (5  menit)
PENDAHULUAN
Penjelasan tentang: topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan
Kegiatan 2 (25 menit)
PERSIAPAN PRAKTIK PELAKSANAAN RENCANA TINDAKAN
·   Persiapan kelas yang akan dipakai
·   Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan di-open class-kan
·   Persiapan penggunaan instrumen untuk pengumpulan data

Kegiatan 3 (90 menit)
 PRAKTIK PELAKSANAAN RENCANA TINDAKAN
·         Melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai dengan rencana tindakan untuk perbaikan pembelajaran
·         Melakukan observasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan istrumen yang telah ditentukan

Kegiatan 4 (60 menit)
PENGECEKAN DATA BERDASARKAN HASIL OBSERVASI DAN DISKUSI REFLEKSI
·   Melakukan diskusi-refleksi berdasarkan hasil observasi untuk melengkapi dan memverifikasi data
·   Merangkum data untuk melengkapi data hasil observasi

Kegiatan 5 (10 menit)
REFLEKSI DIRI
Setiap peserta menuliskan hasil refleksi diri pemahaman guru tentang pengalaman melaksanakan rencana tindakan, observasi pembelajaran, dan pengumpulan data dalam buku kerja

Kegiatan 6 (5 Menit)
Pemberian Tugas terstruktur dan mandiri

5)  mempersiapkan pelaksanaan open class di di sekolah tempat kegiatan. Kegiatan persiapan meliputi klarifikasi kesiapan kelas dan penjelasan skenario pembelajaran serta penggunaan instrumen oleh Guru Pemandu dan Guru Model,

1)    melaksanakan tindakan (open class) oleh guru model, Guru peserta yang lain mengobservasi,
2)    melakukan diskusi refleksi berdasarkan hasil observasi (secara pleno, dipimpin Pemandu), dan
3)    berdiskusi atau membahas draf proposal dari masing-masing guru peserta (dalam kelompok kecil /berpasangan).


Buku Sumber
Minggu ke 2 (7-12-2010)

4 Jam TM
(4x50 m)
4 Jam TT
(4x60 m)
4 Jam TMd
(4x60 m)
Resume Relpeksi hasil tindakan
Polio Bergaris
Kertas Koran
Spidol
Lap Top
LCD



III
Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru








9
Pengembangan Model Pembelajaran CTL (Contectual Learning)

Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
Membaca buku sumber belajar
Buku paket dan referensi
Minggu ke 3 (14-12-2010)

Silabus dan RPP
Buku sumber IPA dan referensi
Kertas HVS
Kertas Folio
Balpoint
Pensil
Spidol


10
Pengenalan dan Pendalaman penggunaan alat dan media pembelajaran serta pembuatan media pembelajaran sederhana
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
Guru Peserta dengan difasilitasi Guru Pemandu:
1.     Berdiskusi tentang penggunaan alat dan media yang ada
2.     Berlatih menggunakan alat pembelajaran yang ada
3.     Berlatih membuat media pembelajaran sederhana yang sesuai materi

Buku Paket IPA, alat-alat laboratorium IPA (Fisika & Biologi), lingkungan
Minggu ke 2 (4-1-2011)


Alat & Media pembelajaran sederhana
Buku sumber IPA dan referensi
Kertas HVS
Kertas Folio
Balpoint
Pensil
Gunting
Cutter


11
PTK 5.
Analisis dan Interpretasi Data
Kegiatan 1: 5 menit
o    Memberikan penjelasan tentang topik kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan dan kegiatan belajar yang diharapkan di kegiatan KKG
Kegiatan 2: 20 menit
o  Membahas materi yang telah ditugaskan
o  Menanyakan buku kerja yang berisikan hasil observasi pembelajaran pada waktu open class dan data hasil pembelajaran guru sendiri

Kegiatan 3: : 35 menit
o  Melakukan diskusi kelompok menyiapkan data hasil observasi yang telah dilakukan pada kegiatan data ke dalam data kuantitatif dan
o  Latihan kelompok
o  Memilih  data yang relevan dengan tujuan penelitian yang dicontohkan
o  Memilih data ke dalam data kuantitatif dan kualitatif
Kegiataan 4: 40 menit
o  Latihan mengorganisasi data analisis dan menginpretasikan data kuantitatif

Kegiatan 5: 65 menit
Latihan mengorganisasi data analisis dan menginpretasikan data kuantitatif hasil

Kegiatan 6: 15 menit
Refleksi guru  terhadap hasil belajar dan pemberian tugas
Mandiri dan terstruktur
PENJELASAN TUGAS
Terstruktur

1)     Melanjutkan analisis dan interpretasi data.
2)     Menuliskan hasil analisis dan interpretasi data
Mandiri
1)  Mempelajari buku sumber  yang terkait dengan topik (Analisis dan Interpretasi Data)
2.   Menpelajari contoh rencana tindakan dari laporan-laporan PTK.
Guru Peserta dengan difasilitasi Guru Pemandu:
1)  berlatih menganalisis dan menginterpretasi data (secara pleno, dari salah satu peserta/open class), dan
2)  berlatih melakukan analisis dan interpretasi data (berdasarkan data dari masing-masing peserta).
1)     Peserta berlatih menganalisis dan menginterpretasi data (secara pleno, dari salah satu peserta/open class), dan
2)      Pesertaberlatih melakukan analisis dan interpretasi data (berdasarkan data dari masing-masing peserta).
BBM 13
TOPIK
BIDANG STUDY 5.
Analisis dan Interpretasi Data

Minggu ke 3 (11-1-2011)

4 jam TM
(4 x 50 m)
4 jam TT
 (4 x 60 m);
4 jam TMd
(4 x 60 m
Lembar kerja tentang analisis data
Kertas HVS
Kertas Folio
Majalah
Artikel


12
Penyusunan Bahan Ajar
Ceramah, Diskusi tanya jawab,
Berlatih mengidentifikasi bahan ajar materi esensial
Buku sumber dan referensi
Minggu ke 5 (25-1-2011)

Silabus dan RPP
Kertas HVS
Kertas Folio
balpoint


13
PTK   6.
Refleksi dan Perencanaan Siklus II
Kegiataan 1: 10 menit
o    Menjelaskan topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator, pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan   hasil analisis dan kedudukan refleksi dalam prosedur PTK
Kegiatan 2: 60 menit
o    Melakukan diskusi hasil analisis dan interpretasi masing-masing guru kelompok kecil
Kegiatan 3 : 60 menit
o     Latihan dan diskusi
o     Latihan membuat dani mendeskripsikan hasil refleksi berdasarkan analisis dan interpretsi data  pada open class
o     Mendiskusikan kesimpulan hasil refleksi
Kegiatan 5: 10 menit
o     Menyimpulkan hasil kegiatan
o     Memberikan tugas terstruktur dan mandiri
PENJELASAN TUGAS
Terstruktur
1)  Melanjutkan menulis hasil refleksi dan rencana tindakan pada siklus II.
2)  Melaksanakan tindakan siklus II di sekolah masing-masing (disarankan berpasangan atau meminta observer dari teman di sekolahnya, diberi waktu 2-3 minggu)
Mandiri
1)  Mempelajari buku sumber  yang terkait dengan topik  (Refleksi dan Tindakan Lajut)
Mempelajari contoh hasil refleksi dari contoh-contoh laporan PTK
Guru Peserta dengan difasilitasi Guru Pemandu:
1)  berdiskusi tentang hasil analisis dan interpretasi data dari masing-masing guru peserta (dalam kelompok kecil/berpasangan),
2)  berlatih merefleksi hasil pelaksanaan tindakan berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data serta menyusun rencana tindakan Siklus II (secara pleno, dari salah satu hasil terpilih atau dari data open class, dipimpin oleh Guru Pemandu,
3)  berlatih melakukan refleksi dan menyusun rencana tindakan untuk siklus 2 berdasarkan data/hasil tindakan masing-masing peserta, dan
4)  berdiskusi tentang rencana tindakan untuk Siklus II dari masing-masing guru peserta.
1)     Peserta berdiskusi tentang hasil analisis dan interpretasi data dari masing-masing guru peserta (dalam kelompok kecil/berpasangan),
2)     Peserta berlatih merefleksi hasil pelaksanaan tindakan berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data serta menyusun rencana tindakan Siklus II (secara pleno, dari salah satu hasil terpilih atau dari data open class, dipimpin oleh Guru Pemandu,
3)     Peserta berlatih melakukan refleksi dan menyusun rencana tindakan untuk siklus 2  Peserta berdasarkan data/hasil tindakan masing-masing peserta, dan
4)     Peserta berdiskusi tentang rencana tindakan untuk Siklus II dari masing-masing guru peserta.
BBM 14
TOPIK
BIDANG STUDY 6.
Refleksi dan Perencanaan Siklus II



Minggu ke 2 (8-2-2011)

4 jam TM
(4 x 50 m)
4 jam TT
 (4 x 60 m);
4 jam TMd
(4 x 60 m
Naskah analisis data
Kertas HVS
Kertas Folio
Majalah
Artikel


14
Pengembangan  Model Pembelajaran Jigshaw
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
Membaca buku sumber belajar
Buku paket dan referensi
Minggu ke 4 (22-2-2011)

Silabus dan RPP
Buku sumber IPA dan referensi
Kertas HVS
Kertas Folio
Balpoint
Pensil
Spidol


IV
Pembuatan Laporan








15
Penyusunan  Laporan PTK
Kegiatan 1 : 10 menit
o  Menjelaskan topik yang akan dibahas, kompetensi, indikator, pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan   hasil analisis dan kedudukan refleksi dalam prosedur PTK
Kegiatan 2: 60 menit
o  Mendiskusikan tentang hasil  analisis dan interpretasi data tindakan kelas siklus I dan II
Kegiatan 3: 120 menit
o  Latihan menyususn laporan PTK siklus I dan 2 open class
o  Menyusun laporan PTK masing-masing guru
Kegiatan 4: 10 menit
o  Pemberian tugas terstruktur dan mandiri
PENJELASAN TUGAS
Terstruktur
Melanjutkan penulisan Laporan PTK (sampai menjadi draf-1)
Membaca buku rujukan untuk memperoleh tambahan rujukan ilmiah untuk melengkapi pembahasan.
Mandiri
1. pelajari contoh format penulisan laporan dari contoh-contoh laporan PTK.
Guru Peserta dengan difasilitasi Guru Pemandu:
1)  berdiskusi tentang hasil pelaksanaan tindakan Siklus II yang sudah dianalisis, diinterpretasi dan direfleksikan dari masing-masing guru peserta(dalam kelompok kecil/berpasangan),
2)  berlatih menyusun laporan (secara pleno, dari salah satu hasil PTK terpilih, dipimpin oleh Pemandu), dan
3)  berlatih menyusun laporan PTK berdasarkan hasil PTK dalam dua siklus dari masing-masing guru peserta.
1)     Peserta berdiskusi tentang hasil pelaksanaan tindakan Siklus II yang sudah dianalisis, diinterpretasi dan direfleksikan dari masing-masing guru peserta(dalam kelompok kecil/berpasangan),
2)     Peserta berlatih menyusun laporan (secara pleno, dari salah satu hasil PTK terpilih, dipimpin oleh Pemandu), dan
3)     Peserta berlatih menyusun laporan PTK berdasarkan hasil PTK dalam dua siklus dari masing-masing guru peserta.
BBM 15
TOPIK
BIDANG STUDY 7.
Penyusunan Draf Laporan PTK

Minggu ke 2 (8-3-2011)

4 jam TM
(4 x 50 m)
4 jam TT
 (4 x 60 m);
4 jam TMd
(4 x 60 m
Penulisan refleksi dalam PTK
Kertas HVS
Kertas Folio
Majalah
Artikel


16
Penyusunan Laporan Kegiatan



Minggu ke 4 (22-3-2011)






B. Tempat Pelaksanaan
Tempat kegiatan ini dipusatkan di Sekolah Induk Kegiatan MGMP IPA Gugus Cibadak yaitu  SMP Negeri SMPN 1 Nagrak sebagai sekolah inti sehingga tingkat keterjangkauannya bagi sebagian besar peserta dapat diatasi. Sekolah ini dijadikan sekolah inti karena letaknya yang strategis dan keberadaan perangkat ICT yang baik. 
C.  Rencana Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Program
Pemantauan dan evaluasi dilaksanakan oleh pihak internal dan eksternal dengan waktu yang terjadwal dan spontan sejak persiapan, saat pelaksanaan dan pada akhir kegiatan.  Evaluasi dilaksanakan setiap bulan oleh seluruh anggota KKG/MGMP wilayah dan dijadwalkan dapat dimonitoring dan dievaluasi setiap tiga bulan oleh pihak-pihak yang terkait dengan program BERMUTU, yaitu Ditjen PMPTK, LPMP, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi
D. Rencana Pelaporan
Pelaporan kegiatan dibuat  secara bulanan/pertigabulanan, tengah tahun dan akhir tahunkepada pihak yang terkait terutama pemberi dana. Laporan akhir program dilaksanakan secara komprehensif dan disampaikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan Ditjen PMPTK melalui LPMP Propinsi Jawa Barat.  
Laporan tersebut berisi: Identifikasi masalah, tantangan dan hambatan, perkembangan pelaksanaan program/progress report, indikator keberhasilan, hasil pelatihan, hasil diskusi, produk kegiatan MGMP,  komitmen stakeholders, dan penggunaan dana.

BAB IV

PENUTUP


Proposal ini disusun dengan sangat sederhana dan tentu saja masih banyak kekurangan, namun demikian MGMP IPA Gugus Cibadak sangat berharap agar bantuan dana dari Program BERMUTU dapat direalisasi sehingga kegiatan MGMP IPA di tingkat Gugus Cibadak dapat terlaksana dengan baik demi meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru mata pelajaran IPA. Proposal ini disusun secara sistematik dan terperinci agar dapat memudahkan pemeriksaannya.
         Atas perhatian, pertimbangan, dan bantuannya MGMP IPA Gugus Cibadak mengucapkan terima kasih.

 LAMPIRAN
§  Susunan Pengurus yang disyahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Dinas Pendidikan Kecamatan.
§  Fotocopy bukti-bukti pengeluaran anggaran untuk kegiatan 1 tahun terakhir.
§  Rekap pelaksanaan kegiatan untuk 1 tahun terakhir.
§  Contoh : 5 (lima) daftar hadir kegiatan yang berbeda dalam 1 tahun terakhir
§  Poto Copy Rekenig Bank a.n MGMP IPA  Gugus Cibadak Kab. Sukabumi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar